Apakah Gandum Hitam Bebas Gluten?

 

Mengingat peningkatan popularitas diet bebas gluten baru-baru ini, berbagai biji-bijian telah menjadi sorotan untuk menentukan apakah mereka mengandung gluten.

Sementara biji-bijian yang sedikit mengandung gluten adalah gandum, ada biji-bijian lain yang harus dihindari oleh beberapa orang.

Rye atau gandum hitam adalah kerabat dekat gandum dan jelai dan biasanya digunakan untuk membuat makanan yang dipanggang, bir dan minuman keras tertentu, dan pakan ternak.

Artikel ini menjelaskan apakah gandum hitam bebas gluten.

Tidak cocok untuk gangguan terkait gluten

gandum-bebas-gluten

Baru-baru ini, kesadaran seputar gangguan terkait gluten telah meningkat secara drastis. Ada beberapa gangguan terkait gluten, termasuk penyakit celiac, sensitivitas gluten, gluten ataksia, dan alergi gandum.

Mereka dengan gangguan ini harus menghindari gluten untuk mencegah komplikasi kesehatan yang berpotensi serius. Rye terkait erat dengan gandum dan gandum, yang mengandung gluten, dan juga mengandung gluten. Secara khusus, gandum mengandung protein gluten yang disebut secalin (2Trusted Source).

Oleh karena itu, gandum hitam harus dihindari ketika mengikuti diet ketat bebas gluten, bersama dengan gandum, barley, dan gandum yang diproses dalam fasilitas yang memproses biji-bijian lain.

Makanan panggang

Tepung gandum hitam paling umum digunakan dalam berbagai makanan yang dipanggang, seperti roti, roti gulung, pretzel, dan bahkan pasta.

Saat memanggang dengan tepung rye, tepung tradisional serba guna juga biasanya ditambahkan untuk menyeimbangkan rasa dan meringankan produk akhir, karena gandum cenderung cukup berat.

Sebagai alternatif, buah rye dapat dimasak dan dimakan sendiri seperti halnya bagaimana biji gandum dimakan. Mereka sedikit kenyal dan memiliki profil rasa pedas.

Sementara tepung gandum sedikit lebih rendah dalam gluten daripada beberapa tepung lainnya, itu harus dihindari ketika mengikuti diet bebas gluten.

Minuman beralkohol berbasis gandum

Kategori lain di mana rye digunakan adalah minuman beralkohol. Meskipun paling umum digunakan untuk membuat wiski gandum hitam, itu juga ditambahkan ke beberapa bir untuk memberi lapisan rasa tambahan.

Wiski Rye hampir selalu bebas gluten, sedangkan bir tidak. Ini karena proses penyulingan, di mana gluten dikeluarkan dari wiski. Meskipun sebagian besar bebas gluten, tidak dapat dilabeli dengan mempertimbangkan itu terbuat dari bahan yang mengandung gluten.

Yang mengatakan, individu yang sangat sensitif terhadap gluten dapat bereaksi terhadap jumlah jejak yang ada di wiski.

Karena itu, penting untuk melanjutkan dengan hati-hati jika Anda memiliki kelainan terkait gluten dan ingin minum wiski.

Beberapa alternatif bebas gluten
Meskipun gandum mengandung gluten, beberapa biji-bijian alternatif dapat dinikmati sambil menghindari gluten.

Beberapa biji-bijian bebas gluten yang paling dekat mewakili rasa gandum adalah amaranth, sorgum, teff, dan soba.

Ini dapat dibeli sebagai biji-bijian atau tepung untuk dipanggang.

Biji jintan dapat ditambahkan saat membuat roti dengan tepung ini untuk memberikan rasa roti gandum tradisional.

Selain itu, mengingat kenaikan ketersediaan roti bebas gluten, beberapa perusahaan sekarang memproduksi roti mock rye bebas gluten yang memberikan rasa yang mirip dengan roti tradisional.

Dengan menggunakan alternatif lezat untuk gandum hitam ini, diet bebas gluten dapat menjadi kurang ketat dan bahkan cukup menyenangkan.

Kesimpulan

Rye adalah biji-bijian yang terkait erat dengan gandum dan gandum. Dikenal karena profil rasa pedasnya dan paling umum digunakan untuk membuat roti dan wiski.

Ini mengandung protein gluten yang disebut secalin, sehingga tidak cocok untuk mereka yang mengikuti diet bebas gluten, meskipun sebagian besar wiski gandum sebenarnya bebas gluten.

Beberapa alternatif yang dekat bisa meniru rasa gandum dalam makanan yang dipanggang, membuat diet bebas gluten sedikit kurang ketat.

Saat mengikuti diet bebas gluten untuk keperluan medis, gandum hitam harus dihindari untuk mencegah komplikasi.