Paleo diet: Semua yang harus Anda ketahui sebelum memulai

Ketika penghitungan kalori, pelacakan makro, penjurnalan makanan, dan taktik makan sehat lainnya tidak berhasil, banyak yang tergoda untuk beralih ke diet yang jelas yang mengatakan, “Makan ini, bukan itu.” Beberapa orang menemukan kesuksesan dengan itu sementara yang lain tidak.

Jika saat ini Anda sedang meneliti diet yang dapat membuat makan sehat menjadi lebih sederhana – tetapi tidak selalu lebih mudah – diet paleo adalah salah satu rencana makan yang perlu diperhatikan. Ini mulai naik ke ketenaran diet pada awal 2000-an ketika pendukung paleo seperti Mark Sisson (“Pied Piper of Paleo”) memuji manfaat seperti peningkatan kinerja fisik dan kejernihan mental.

Diet paleo sejak itu mengamankan tempatnya di industri kesehatan sebagai salah satu diet paling populer dan telah mengumpulkan beragam pengikut yang meliputi binaragawan, pendukung CrossFit, atlet profesional, yogi dan penggemar kesehatan secara keseluruhan.

Di sini, pelajari persis apa artinya “pergi paleo” dan bagaimana memulai diet paleo, ditambah siapa yang harus dan siapa yang tidak boleh mengadopsi kebiasaan makan zaman manusia gua ini.

Apa itu diet paleo?

paleo-diet

“Paleo” adalah kependekan dari “Paleolitik,” yang mengacu pada era Neanderthal, alias manusia gua. Gagasan di balik diet paleo adalah untuk kembali ke bagaimana nenek moyang kita makan.

Pendukung diet paleo mengatakan gaya makan pemburu-pengumpul ini mempromosikan kesehatan dan kebugaran lebih daripada diet lainnya, terutama karena tidak memiliki makanan olahan.

Diet ini juga dikenal dengan nama lain, seperti diet Zaman Batu, diet manusia gua, dan diet pemburu-pengumpul.

Cara memulai diet paleo

Cara termudah untuk membungkus kepala Anda di sekitar diet paleo adalah menganggapnya sebagai diet seluruh makanan yang sangat ketat. Orang-orang yang mengikuti diet paleo berasumsi, mungkin dengan benar, bahwa mereka yang mendahului manusia modern ada pada makanan utuh seperti sayuran, buah dan daging. Dengan kata lain, nenek moyang kita dari Zaman Batu memakan apa yang bisa mereka panen atau bunuh dengan tangan mereka sendiri.

Tidak seperti beberapa diet lain yang lebih jernih, seperti diet keto, ada berbagai iterasi diet paleo mulai dari superstrict hingga relatif longgar. Versi berbeda dari diet paleo kemungkinan muncul karena tidak ada yang tahu pasti apa yang dimakan manusia gua; rute yang Anda putuskan untuk Anda ikuti tergantung pada spekulasi Anda sendiri tentang apa yang dimakan manusia gua dan nilai-nilai Anda seputar makanan dan kesehatan.

Langkah pertama untuk mengikuti diet paleo adalah memutuskan seberapa ketat diet yang menurut Anda bisa Anda tangani dan kemudian menyelesaikan makanan mana yang akan Anda makan dan mana yang tidak.

Apa yang bisa Anda makan dalam diet paleo?

Berbicara tentang makanan ramah paleo, apa yang Anda bisa dan tidak bisa makan dalam diet paleo tergantung pada seberapa dekat Anda benar-benar ingin diet Anda dengan makanan Neanderthal. Bentuk paling ketat dari diet paleo hanya mencakup air, buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, daging dan ikan – dan tidak termasuk apa yang banyak orang sebut makanan utuh, seperti gandum gulung, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Para pelaku diet paleo lainnya menganggap minyak, telur, susu, biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan kacang-kacangan oke. Yang lain lagi mengatakan makanan seperti mentega yang diberi makan rumput dan makanan ringan yang terbuat dari bahan paleo, seperti bar RX, yang terbuat dari putih telur, buah dan kacang, boleh dimakan dalam makanan.

Panduan makanan paleo ini tampaknya menjadi yang paling diterima dan diikuti:

Yang boleh dimakan : Daging, ikan, makanan laut, telur, minyak sehat (minyak zaitun, kelapa dan minyak alpukat), buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Pantang : Produk susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, gula (kecuali buah), saus, bumbu, biji-bijian, beberapa minyak nabati (campuran, kanola, kedelai, biji anggur, biji kapas), pemanis buatan, lemak trans dan makanan olahan.

Sedangkan untuk minuman, air harus menjadi pilihan Anda. Hindari minuman manis seperti soda serta minuman yang dimaniskan secara artifisial seperti minuman olahraga. Kopi dan teh bukan paleo menurut standar Paleolitik sejati, tetapi kebanyakan orang meminumnya – cukup minum tanpa krim atau gula untuk mematuhi diet paleo.

Jika itu semua terasa luar biasa dan Anda ingin satu pedoman paleo sederhana untuk diikuti, ini dia: Jika itu adalah sesuatu yang tidak bisa Anda buat, panen atau berburu sendiri di alam liar, jangan memakannya.